Rabu, 11 Mei 2016

Makalah Fungsi Manajemen Menurut Ahli

BAB I
PENDAHULUAN
1.        LATAR BELAKANG
Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
2.        TUJUAN
a.       Agar kita mengetahui apa itu fungsi manajemen menurut The Liang Gie
b.      Agar kita mengetahui apa itu fungsi manajemen menurut Henry Fayol
c.       Agar kita mengetahui apa itu fungsi manajemen menurut George R. Terry
d.      Agar kita mengetahui apa itu fungsi manajemen menurut James A. F. Stoner

BAB II
PEMBAHASAN
1.        FUNGSI MANAJEMEN MENURUT THE LIANG GIE
Klasifiksi fungsi-fungsi manajemen yang patut pula dikemukakan adalah klasifikasi fungsi dari The Liang Gie (1978), berbeda halnya dengan para pakar tersebut terdahulu, kesemuanya memasukkan organizing sebagai salah satu fungsi manajemen, maka oleh The Liang Gie, tidak memasukkannya. Salah satu argumentasi yang menjadi alasan tidak dikemukakannya organizing sebagai salah satu fungsi manajemen bahwa dalam setiap usaha kerja sama pasti terdapat struktur yang merupakan wadah usaha itu di samping proses yang menggerakkan penyelenggaraan kerja sama tadi. Wadah yang dimak-sudkan di sini adalah organisasi dengan secara otomatis dinamisasi organisasi adalah organizing. Sedangkan proses pengerakkan adalah manajemen. Dengan alasan inilah sehingga The Liang Gie menyim-pulkan bahwa organizing atau pengorganisasian tidak dpat dikategorikan sebagai fungsi manajemen. Beliau berpendapat bahwa fungsi-fungsi manajemen dapat dibedakan ke dalam enam klasifikasi fungsi, yaitu:
a.         Perencanaan
b.         Keputusan – baca pembuatan putusan
c.         Pembimbingan
d.        Pengkoordinasian
e.         Pengendalian
f.          Penyempurnaan
Perencanaan, pembimbingan, pengkoordinasian, telah dikemukakan terdahulu, sedangkan yang belum adalah pengambilan putusan, pengen-dalian dan penyempurnaan.
Adapun yang dimaksud dengan “pembuatan putusan” adalah suatu aktivitas yang mengakhiri pertentangan mengenai suatu hal atau melakukan pemilihan dari berbagai-bagai alternatif yang ada untuk menyelesaikan persoalan-persoalan, pertentangan-pertentangan dan keragu-raguan yang timbul dalam proses penyelenggaraan usaha kerja sama itu. Keputusan di sini diartikan adalah “pemutusan”
“Penyempurnan” adalah segenap aktivitas memperbaiki berbagai kekurangan dan ketidaktepatan yang timbul pada struktur organisasi dan taat kerja sewaktu berlangsungnya proses penyelenggaraan usaha kerja sama itu.
“Pengendalian” adalah memeriksa, mencocokkan, dan mengusaha-kan agar pekerjaan-pekerjaan terlaksana sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan hasil yang dikehendaki.
Pendapat The Liang Gie ini mengenai organizing tidak dimasuk-kannya sebagai fungsi manajemen sedikit banyaknya terpengaruh pula oleh Pariata Westra (1980) sehingga beliaupun menyederhanakan fungsi-fungsi manajemen menjadi tiga klasifikasi fungsi sebagai berikut: 1) Perencanaan (planning), 2) Penggerakan (actuating), dan 3) Pengontrolan (controlling).
Jika diperinci klasifikasi dari pendapat para pakar di atas, maka ada 18 klasifikasi dan terminologi fungsi-fungsi manajemen sebagai berikut:
a.         Forecasting (peramalan)
b.         Privoir/planning (perencanaan)
c.         Organiser/organizing (pengorganisasian)
d.        Staffing (pengisian atau penstafan)
e.         Assembling resources (pengumpulan sumber-sumber)
f.          Actuating (penggerakan)
g.         Commander/commanding (memberi komando/memerintah)
h.         Coordonner/coordinating(pengkoordinasian)
i.           Directing (pembimbingan atau pemimpinan)
j.           Human relation (hubungan kerja kemanusiaan)
k.         Leading (memimpin)
l.           Motivating (pemberian motivasi)
m.       Evaluating (penilaian)
n.         Controller/controlling (pengawasan)
o.         Reporting (pelaporan)
p.         Pembuatan putusan (decision making)
q.         Pengendalian dan
r.          Penyempurnaan.
2.        FUNGSI MANAJEMEN MENURUT HENRY FAYOL
Henry Fayol dengan bukunya “administration Industrialle et generale” yang pertama kali membagi manajemen atas beberapa elemen (elements of management) yaitu:
a.         Privoir (merencanakan)
b.         Organiser (mengorganisasikan)
c.         Commander (memerintah/memberi komando) dan
d.        Coordonner (mengkoordinasikan) dan
e.         Controller (mengawasi/mengendalikan)
Privoir (merencanakan) adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan sebelum melakukan tindakan penyelenggaraannya yang meliputi serang-kaian keputusan termasuk penentuan tujuan, kebijaksanaan, membuat program, menentukan metode dan prosedur serta menetapkan jadwal waktu pelaksanaan.
Organiser (mengorganisasikan) adalah suatu kegiatan menentukan, mengelompokkan dan mengatur berbagai kegiatan yang dianggap perlu untuk mencapai tujuan, menugasi orang-orang dalam kegiatan ini dengan menetapkan faktor-faktor lingkungan phisik yang sesuai, dan menunjukkan hubungan kewenangan yang dilimpahkan terhadap setiap individu yang ditugasi untuk melaksanakan kegiatan tersebut
Commander (memerintah) adalah pemberian perintah dan bim-bingan agar supaya bawahan bekerja dengan giat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Coordonner (mengkoordinasikan) adalah suatu kegiatan/pekerjaan menghubung-hubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan orang dan pekerjaannya dalam suatu kerjasama yang diarahkan kepada pencapaian tujuan tertentu sehingga tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekembaran atau kekosongan kerja
Controller (mengawasi) adalah segenap tindakan mengamati/mene-liti apakah segala sesuatu tercapai atau berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan berdasarkan instruksi-instruksi yang telah dikeluarkan, prinsip-prinsip yang telah ditetapkan.
3.        FUNGSI MANAJEMEN MENURUT GEORGE R. TERRY
G.R. Terry (1960), membagi atas 4 fungsi pokok yang biasa disingkat dengan akronim POAC, yaitu:
P  = Planning (perencanaan)
O = Organizing (Pengorganisasian)
A = Actuating (Penggerakan)
C = Controlling (Pengawasan)
Mengenai pengertian planning, organizing dan controlling sudah dikemukakan di atas, dengan mengetengahkan pendapat Henry Fayol. Yang akan diberi pengertian di sini adalah actuating.
Adapun yang dimaksudkan dengan actuating (penggerakan) adalah suatu usaha atau tindakan agar supaya semua anggota-anggota dari suatu organisasi dapat dan mau secara sukarela melaksanakan tugas-tugas pekerjaan berdasarkan rencana dari organisasi kepada sasaran yang telah ditetapkan.
      4.        FUNGSI MANAJEMEN MENURUT JAMES A.F. STONER
Karena manajemen itu adalah sebuah seni sekaligus adalah ilmu, maka manajemen memiliki fungsi.  Sama nasibnya seperti definisi manajemen, fungsi dari manajemen pun sangat banyak pendapat dari para ahli. Dan kali ini saya akan mengulas fungsi manajemen yang tercantum dalam buku "Manajemen" dari James A.F. Stoner Jilid 1 terbitan bahasa Indonesia yang saya miliki. (Lihat foto).
Dari definisi manajemen yang dipaparkan Stoner, dapat kita lihat langsung apa saja yang menjadi fungsi dari manajemen. Stoner mengatakan bahwa "Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan". Sekarang jelas bahwa fungsi manajemen menurut Stoner ada empat yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.
Kemudian Stoner merumuskan keempat fungsi manajemen itu sebagai berikut:
a.         Perencanaan (planning) menunjukan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum melaksanakannya. Kegiatan mereka biasanya berdasar suatu cara, rencana, atau logika, bukan asal tebak saja.
b.         Pengorganisasian (organization) berarti para manajer itu mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya bahan yang dimiliki organisasi. Sejauh mana efektifnya suatu organisasi tergantung pada kemampuannya untuk mengerahkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuannya. Tentu saja, dengan makin terpadu dan makin terarahnya pekerjaan akan menghasilkan makin efektifnya organisasi. Mendapatkan koordinasi yang sedemikian itu adalah salah satu tugas manajer.
c.         Memimpin (to lead) menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu, Dengan menciptakan suasana tepat, mereka membantu bawahannya bekerja sebaik mungkin.
d.        Pengendalian (controlling) berarti para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah tujuan. Apabila salah satu bagian dari organisasi menuju arah yang salah, para manajer berusaha untuk mencari sebabnya dan kemudian mengarahkannya kembali ke tujuan yang benar.
5.        KESIMPULAN PEMBAHASAN
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
a.         Perencanaan (Planning),
b.         Pengorganisasian (Organizing),
c.         Pengarahan (Actuating/Directing),
d.        Pengawasan (Controlling)
Fungsi Perencanaan
Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan  suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan. Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan :
           Menetapkan tujuan dan target bisnis
           Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
           Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
           Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
Fungsi Pengorganisasian
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi. Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
           Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
           Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
           Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
           Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
          Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja    secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
          Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
          Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi. Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
           Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
           Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
           Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis




BAB III
PENUTUP
1.        KESIMPULAN
Fungsi-fungsi manajemen adalah sama bagi semua tingkat mana-jemen adalah top management, midle management, dan lower management, artinya apakah ia sebagai manajer tertinggi dalam organisasi itu atau ia sebagai manajer menengah maupun ia sebagai manajer bawah, semua fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan adalah sama. Hanya saja sampai sekarang belum ada kesepakatan di kalangan para sarjana  mengenai fungsi-fungsi manajemen di tinjau dari segi terminologi dan klasifikasi yang dipergunakan. Hanya ada kesepakatan bahwa ada dua klasifikasi utama yaitu fungsi organik adalah semua fungsi yang mutlak harus dijalankan  dan fungsi pelengkapan yaitu yang meskipun tidak mutlak dijalankan tetapi akan dapat meningkatkan efisiensi kalau dijalankan.
Banyak hal yang mempengaruhi seseorang dalam mengklasifi-kasikan fungsi-fungsi tersebut, kondisi masyarakat serta taraf kemajuannya dalam suasana mana para pakar tertentu menulis, filsafat hidup yang dianut oleh pakar yang bersangkutan, dan latar belakang pendidikannya, serta perkembangan ilmu itu sendiri mempunyai pengaruh terhadap hal tersebut.
2.        SARAN
Dalam proses penyelenggaraan manajemen mempunyai tugas-tugas dan kegiatan-kegiatan yang tidak boleh tidak harus dilaksanakan supaya tujuannya dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Tugas-tugas yang harus dilaksanakan itu, dinamai fungsi-fungsi manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar