BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain
dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan dapat
digunakan juga untuk membuat website.Multimedia juga dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk
teks, audio, grafik, animasi dan video. Multimedia dapat didefinisikan menjadi
dua kategori yaitu Multimedia Communication dan Multimedia Content Production.
Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media
cetak dan internet untuk mempublikasikan atau menyiarkan atau mengkomunikasikan
materi-materi periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dan
lain-lain.
Multimedia
Content Production adalah penggunaan beberapa media yang berbeda dalam
menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video,
audio, musik, film, game, dan lain-lain. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan
beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan beberapa
media dengan cara yang baru untuk tujuan berkomunikasi. Salah satu medianya
adalah suara dan audio yang akan dibahas didalam makalah ini.
B. Rumusan
Masalah
Rumusan masalah yang
dapat diambil dari makalah multimedia suara dan audio ini adalah
2. Bagaimana
konsep dasar suara dan audio ?
3. Jenis-jenis
suara dan audio?
C. Tujuan
Tujuan
yang bisa didapat dari penulisan makalah ini adalah
1. Untuk
mengetahui perbedaan suara dan audio.
2. Untuk
mengetahui konsep dasar suara dan audio.
3. Untuk
mengetahui apa saja jenis-jenis dari suara dan audio.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Suara
1. Pengertian
suara
Suara
adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui
medium (dapat berupa zat cair, padat, maupun gas). Kebanyakan suara merupakan
gabungan dari berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat
dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang di ukur dalam satuan
Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam
desibel.
Urutan
terjadinya suara :
BENDA BERGETAR à
PERBEDAAN TEKANAN UDARA à
MELEWATI MEDIUM (GELOMBANG) à
PENDENGAR
2. Konsep
dasar suara
Suara
dihasilkan oleh getaran dari suatu benda. Selama benda bergetar, akan terjadi
perbedaan tekanan udara disekitar benda tersebut. Pola osilasi yang terjadi
dinamakan ‘gelombang’. Gelombang mempunyai pola yang sama yang berulang pada
interval tertentu yang disebut sebagai ‘periode’. Suara dibedakan menjadi dua
jenis yaitu :
a. Suara
periodik
Suara yang terjadi secara kontinu,
contohnya adalah instrumen musik, kicauan burung, dan lain sebagainya.
b. Suara
non-periodik
Suara yang tidak terjadi secara kontinu,
contohnya adalah batuk, percikan ombak, dan lain sebagainya.
3. Keterkaitan
suara
Suara
sangat berkaitan dengan :
a. Frekuensi
Frekuensi adalah banyaknya periode dalam
satu detik. Satuan Hertz (Hz). Berdasarkan frekuensi, suara dibagi menjadi :
-
Infrasound 0 Hz – 20 Hz
-
Pendengaran manusia 20
Hz – 20 KHz
-
Ultrasound 20 KHz – 1
GHz
-
Hypersound 1 GHz – 10
THz
Manusia
membuat suara dengan frekuensi 50 Hz – 10 KHz. Sinyal suara musik memiliki
frekuensi 20 Hz – 20 KHz. Sistem multimedia menggunakan suara yang berada pada
range pendengaran manusia. Suara diluar range pendengaran manusia dapat dikatakan
sebagai ‘NOISE’ (getaran yang tidak teratur dan tidak berurutan dalam berbagai
frekuensi dan tidak dapat didengar oleh manusia).
b. Amplitudo
Amplitudo adalah tinggi
rendahnya gelombang atau keras tidaknya suatu bunyi. Satuan desibel (db). Suatu
bunyi dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari 85 db dan
pada ukuran 130 db akan membuat hancurnya gendang telinga manusia.
c. Velocity
Velocity adalah
kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar. Satuan
meter/detik (m/s). Pada udara kering dengan suhu 28o C kecepatan
rambat suara sekitar 343 m/s.
4. Suara
analog dan suara digital
a. Suara
analog
Suara asli di alam
merambat seperti gelombang dengan kecepatan 750 mph (pada tingkat laut). Suara
gelombang ini bervariasi dalam tingkatan tekanan suara atau amplitudo (tekanan
suara di ukur menggunakan satuan desibel) dan dalam pitch atau frekuensi.
Jumlah waktu yang diperlukan untuk terjadinya suatu getaran atau gelombang
disebut periode (T). Sedangkan jumlah gelombang yang terjadi dalam satu detik
dinamakan frekuensi (f) dengan satuan Hz.
b. Suara
digital
Pada saat ini komputer
sudah terintegrasi dengan perangkat yang dapat membangkitkan sinyal suara
dengan sangat baik. Sinyal suara pada perangkat komputer merupakan hasil dari
representasi suara analog atau suara yang sesungguhnya (melalui rekaman) yang
disimpan dalam kode-kode digital komputer. Format digital dapat menyimpan data
dalam jumlah besar, berjangka panjang dan berjaringan sangat luas.
B. Audio
1. Pengertian
audio
Audio dalam sistem komunikasi bercirikan
video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga
bisa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses
perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan atau pengangkapan suara, sambungan
transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lain sebagainya.
2. Konsep
dasar audio
Audio
merupakan representasi dari suara analog (suara yang sebenarnya) menjadi suara
digital di dalam komputer melalui rekaman yang disimpan dalam kode - kode
digital di dalam komputer dalam berbagai format yang ada.
3. Macam
– macam audio
a. Audio
visual
Perangkat sound system
yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi,
home teather, dan lain sebagainya.
b. Audio
streaming
Suatu istilah yang
digunakan untuk mendengarkan suatu siaran secara langsung melalui internet.
Berbeda dengan cara yang lain, yakni men-download file lalu menjalankannya di
komputer, dengan menggunakan streaming kita bisa mendengarkan langsung tanpa
perlu lama menunggu dengan men-download terlebih dahulu. Ada beberapa macam
audio streaming seperti Winamp (mp3), RealAudio (ram), dan radio.
c. Audio
response
Suara yang dihasilkan
oleh komputer. Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi
input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telefon.
d. Audio
oscillator
Merupakan produk dari
perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney
dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.
e. Audio
modem riser
Sebuah kartu plug-in
untuk motherboard intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR
memuat fungsi – fungsi analog berupa kode – kode yang diperlukan untuk operasi
modem dan atau audio.
4. Format
audio
a. AAC
(Advance Audio Codec)
Merupakan format audio
yang dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group (Fraunhofer Institute,
Dolby, Sony, Nokia, dan AT&T) untuk menggantikan MP3. Ini perluasan dari
MPEG-2 standard dan mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan MP3, kompresi
yang lebih efisien dengan kualitas suara audio yang lebih baik.
b. AIFF
(Audio Interchange File Format)
Merupakan format file
yang tidak dikompres, yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan platform
Unix.
c. MP3
(MPEG-1/2 Audio Layer 3)
Merupakan format audio
yang paling populer. Menggunakan algoritma audio lossy compression untuk
mengurangi ukuran file, sambil memproduksi kembalifile aslinya. MP3
dikembangkan di German Fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG (lihat
format video) dan dapat berjalan di semua platform.
d. RA
(Real Audio)
Merupakan
codec audio yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini
awalnya dikembangkan untuk transmisi bandwith rendah. Dapat digunakan untuk
streaming informasi audio dan dapat berjalan saat file audio tersebut masih
didownload. RealAudio banyak digunakan oleh statiun radio untuk streaming
program- program mereka melalui internet secara real-time.
e. WAV
(Waveform Audio Format)
Merupakan standar audio yang
dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, WAV dan juga merupakan salah satu format audio yang
dipergunakan di dalam ponsel dalam format ini biasanya berukuran besar karena
tidak dikompresi.
f. WMA
(Window Media Audio)
Merupakan salah satu format
audio yang dikembangkan oleh Microsoft. Kualitas musik yang ditawarkan format
WMA lebih baik daripada MP3. Perangkat lunak dan perangkat keras terbaru
umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format MP3.
g. MIDI
(Musical Instrument Digital Audio)
Merupakan file suara
yang hanya terdiri dari bunyi alat musik. Format audio yang satu ini lebih
cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atar perangkat elektronik yang
lainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak
terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam
ponsel sebagai ringtone.
5. Macam
– macam software audio
a. Adobe
Audition CS
Merupakan standart
penyunting suara yang profesional untuk memproduksi file suara. Seperti halnya
Adobe Photoshop, software ini memiliki banyak fitur editing yang bisa
digunakan.
b. Sound
Forage
Merupakan sebuah
software audio digital dari Sony Creative Software. Software ini ditujukan
untuk para profesional atau semi-profesional dalam meng-edit file audio. Di
sini dapat melakukan edit, record, encode suatu lagu dalam format WAV, AIFF,
MP3, dan lain – lain. Dapat pula menambah efek suara tertentu, memotong lagu,
dan lain – lain.
c. Cool
Edit Pro
Sama seperti kedua
software di atas, software ini memiliki fitur – fitur yang cukup lengkap untuk
digunakan.
d. Gold
Wave
Merupakan software yang
berfungsi untuk editing audio. Software ini dapat melakukan pengeditan audio
yang umum (menambah efek, konverter, merger file, dan pembaca CD). Selain fitur
– fitur yang terdapat seperti ketiga software di atas, Gold Wave memiliki fitur
advance editing antara lain noise reduction, pengaturan volume dan equalizer,
serta penambahan efek echo. Software ini sangat ideal bagi orang yang suka
mengedit audio.
e. WavePad
Sound Editor
Software ini sangat
cocok bagi pemula yang ingin mencoba untuk mengedit audio karena software ini
sangat mudah digunakan untuk orang awam sekalipun dibandingkan dengan software
yang lainnya.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Suara
adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui
medium (dapat berupa zat cair, padat, maupun gas). Kebanyakan suara merupakan
gabungan dari berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat
dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang di ukur dalam satuan
Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam
desibel.
2. Suara
dihasilkan oleh getaran dari suatu benda. Selama benda bergetar, akan terjadi
perbedaan tekanan udara disekitar benda tersebut. Pola osilasi yang terjadi
dinamakan ‘gelombang’. Gelombang mempunyai pola yang sama yang berulang pada
interval tertentu yang disebut sebagai ‘periode’.
3. Audio
dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk
membawa unsur bunyi. Istilah ini juga bisa digunakan untuk menerangkan
sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem
pengambilan atau pengangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi,
amplifier dan lain sebagainya.
4. Audio
merupakan representasi dari suara analog (suara yang sebenarnya) menjadi suara
digital di dalam komputer melalui rekaman yang disimpan dalam kode - kode
digital di dalam komputer dalam berbagai format yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar