BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Perkembangan grafika komputer menuntut para pengembang sistem
aplikasi grafika komputer untuk dapat mengembangkan suatu informasi yang
dilengkapi dengan visualisasi dan animasi, agar dapat lebih mudah dipahami oleh
pihak yang menggunakan sistem tersebut. Grafika komputer telah menunjukkan
kemajuan yang pesat dalam pengembangan
berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Grafika komputer digunakan untuk
menunjang berbagai bidang dengan teknologi grafika berbasis komputer.Penggunaan
grafika komputer telah lama digunakan dalam beberapa macam aplikasi,
diantaranya pendidikan, kedokteran, fisika, matematika, multimedia, dan
lain-lain. Pada saat ini grafika komputer sudah digunakan pada bidang sains,
engineering, kedokteran, bisnis, industri,
pemerintahan, seni, hiburan, iklan, pendidikan, dan lain-lain. Oleh
karena itu, sudah semakin banyak pula bahasa pemrograman yang dilengkapi dengan
tools/library pembuatan grafik Salah satu tools/library pembuatan aplikasi
grafik adalah OpenGL (Open Graphics Library).OpenGL(Open Graphics Library)
adalah suatu spefikasi grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk
pembuatan grafik primitif termasuk titik, garis, dan lingkaran. OpenGL
digunakan untuk mendefinisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi maupun objek 3
dimensi. Dan makalah yang disampaikan kali ini khusus membahas mengenai
perancangan bangun 3 dimensi menggunakan Visual Basic 6.0
B.
Rumus masalah
1. Apakah
pengertian grafika computer?
2. Apakah
difinisi grafika 2 demensi?
C.
Tujaun
1. Mahasiswa
dapat memahami pengertian grafika computer.
2. Mahasiswa
dapat memahami definisi garafika 2 demensi.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Grafika komputer
Grafika
komputer adalah bidang dari komputasi visual
dimana penggunaan komputer akan menghasilkan gambar visual secara
sintetis dan mengintegrasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual
yang dicontohkan dari dunia nyata (Wikipedia)
Grafis
(graphic) adalah presentasi visual dari sebuah image yang bertujuan memberi
tanda, informasi, ilustrasi atau sekedar hiburan. Image (citra atau gambaran
dapat diartikan sebagai kesan visual yang ditangkap oleh indera penglihatan
ketika mengamati suatu objek. Manusia mentransformasi image ke dalam berbagai
jenis media seperti kertas, kanvas, layar komputer atau jenis lainnya sehingga
menghasilkan presentasi dari image itu. Grafis komputer membutuhkan dukungan
piranti grafis.Piranti grafis adalah segala peripheral dan perangkat lunak
komputer yang bisa menjadikan komputer memiliki kemampuan untuk menampilkan
serta memanipulasi image digita (http://wawan.Sman1cepu.sch.id).
Komputer
grafik (computer graphics) adalah seperangkat alat yang terdiri dari hardware
dan software untuk membuat gambar, foto, grafik atau citra realitic untuk seni,
game, dan film animasi (http://journal.mercubuana.ac.id).Dalam komputer grafik terdapat
elemen dasar yaitu titik, garis, segi empat dan lingkaran.Elemen dasar itu
dapat dikombinasikan untuk menghasilkan objek yang lebih kompleks.
Grafika
komputer (inggris: computer graphics) adalah bagian dari yang berkaitan dengan
pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari
grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi
grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing) dan pengenalan pola
(pattern recognition).Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah
visualisasi data (http://yusrizal.blogspot.com).
Secara
umum visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata
telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia.Contoh dari hal ini meliputi
lukisan di dinding gua dari manusia purba. Pada saat ini visualisasi telah
berkembang dan banyak dipakai untuk keperluan ilmu pengetahuan , visualisasi
desain produk, pendidikan, multimedia interaktif, kedokteran dan lain-lain.
Bagian dari grafika komputer meliputi:
1. Geometri : mempelajari cara menggambarkan
permukaan bidang untuk menciptakan gambar 2D atau 3D
2. Animasi : cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
untuk menampilkan tingkah laku objek
3. Rendering : mempelajari algoritma untuk
menampilkan efek cahaya agar gambar yang diproduksi lebih solid dari model yang
dibentuk
4. Citra (imaging) : mempelajari cara pengambilan dan
penyuntingan gambar dengan cara di
desain dengan tangan atau hasil dari scan
Grafis
komputer adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membangun grafik
(gambar) baik 2D maupun 3D yang kelihatan nyata dengan menggunakan
komputer.Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah desain
grafis (Nana Ramadijanti).Komputer grafis 2D adalah generasi komputer berbasis
gambar digital.Komputer grafis 2D terutama digunakan dalam aplikasi yang pada
awalnya dikembangkan pada saat pencetakan tradisional dan teknologi menggambar
seperti kartografi, gambar teknik, iklan dan lain-lain.Dalam aplikasi, gambar
2D bukan hanya dari objek dunia nyata tetapi artefak independen dengan nilai
tambah pembuatnya.Komputer grafis 3D adalah representasi dari data geometrik 3
dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap
grafika komputer 2D.Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real
time) untuk keperluan animasi.
B.
Grafika 2 demensi
Objek
grafik 2 dimensi adalah sekumpulan titik-titik 2 dimensi yangdihubungkan dengan
garis lurus, baik berupa polyline, polygon atau kurva. Objek grafik 2 dimensi
didefinisikan sebagai kumpulan titik 2 dimensi yang secara komputasi dinyatakan
sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai dengan struktur data yang digunakan
dalam menyatakan kumpulan titik 2D ini. Objek grafik dimensi juga adalah gambar
2 dimensi yang sumbu x dan sumbu y, atau sumbu koordinat cartesius dua
dimensi. Dua sumbu yang saling bertegak lurus antar satu dengan yang lain, yang
keduanya terletak dalam satu bidang (bidang xy).
Sedangkan
Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer,
yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D).Model Grafik 2D
merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor),
gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan
sebagainya.Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh
transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi.
Model-model
yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk
tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan,
bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya.Namun demikian, mereka dapat
membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang
dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan
dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat)
Macam-Macam
objek 2D
a. Line
b. Circle
c. Arc
d. Polygon
e. Text
f. Section
g. Rectangle
h. Ellips
i. Donut
j. Star
k. Helix
Contoh gambarnya:
Circle
Circle atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang memiliki ukuran
diameter dan jari-jari. Circle atau lingkaran merupakan kumpulan titik-titik
yang tak berhingga dan saling berhubung.
Line
Objek line/garis adalah objek salah satu 2 dimensi yang sangat mendasar
dan sering digunakan untuk perancangan gambar kerja.Line berasal dari 2 titik
yang saling terhubung.
Polygon
Polygon adalah suatu fungsi yang mirip dengan polyline, hanya
sajahasilnya adalah kurva tertutup.Pada polygon digunakan konsep array dalam
menyatakan objek 2D sebagaikumpulan titik 2D.Polygon digunakan untuk
merepresentasikan objek-objek duadimensi.
Rectangle
Objek line/garis adalah objek salah satu 2 dimensi
yang terdiri dari 4 garis dan membentuk persegi panjang dengan 2 sisi yang sama
dan 2 sisi yang lain lebih panjang.
Color
Untuk memberi
warna pada objek, seperti titik atau garis, dapat dilakukan dengan menggunakan
fungsi à glColor3f(red,green,blue);
Di mana red, green, blue berada pada 0 sampai dengan 1,
yang menunjukkan skala pencerahan dari masing-masing skala.
beberapa fungsi color :
1.
glColor3f(0,0,0);//black
2.
glColor3f(0,0,1);//blue
3.
glColor3f(0,1,0);//green
4.
glColor3f(0,1,1)//cyan
5.
glColor3f(1,0,0)//red
6.
glColor3f(1,0,1)//magenta
7.
glColor3f(1,1,0);//yellow
8.
glColor3f(1,1,1);//white
C.
Grafika
3 demensi
3
dimensi biasa disebut 3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang,
lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan
pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu
z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari
pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga
Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk
pada kemampuan dari sebuah video card (link).
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D.Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D.Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Suatu
objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan
pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke
dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah
objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah
objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Istilah
atau Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar, garis, lingkungan,dan
sebagainya yang memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk
3D. Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah
video card (link).Saat ini video card menggunakan variasi dari
instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal
dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan
game komputer.
berikut
adalah bentuk-bentuk obyek 3D standar yang lazim digunakan dalam menggambar,
antara lain :
3. CAPSULE
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dikaji, maka dapat
disimpulkan:
1.
Pengertian
grafika komputer:
ü Grafika komputer adalah bidang dari
komputasi visual dimana penggunaan
komputer akan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan mengintegrasikan
atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang dicontohkan dari dunia
nyata (Wikipedia).
ü Grafis komputer adalah suatu bidang
ilmu yang mempelajari bagaimana membangun grafik (gambar) baik 2D maupun 3D
yang kelihatan nyata dengan menggunakan komputer. Salah satu bidang grafika
komputer yang sangat terkenal adalah desain grafis (Nana Ramadijanti).
B.
Saran
Dari pemaparan di atas maka penulis menyarankan kepada
pembaca agar lebih memperdalam lagi ilmu tentang grafika komputer untuk
menghasilkan suatu grafik atau gambar
yang menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar